//
Anda sedang membaca...

Pengertian Laporan Keuangan

Pengertian Laporan Keuangan

Pengertian Laporan keuangan adalah laporan yang menunjukkan kondisi perusahaan, Kondisi perusahaan yang dimaksud adalah keadaan keuangan perusahaan pada tanggal tertentu (untuk neraca) dan periode tertentu (untuk laporan laba rugi).

Biasanya laporan keuangan perusahaan dibuat per periode, misalnya tiga bulan (triwulan), atau enam bulan (semester), sedangkan untuk laporan keuangan yang dibuat per tahun merupakan laporan keuangan perusahaan selama periode satu tahun yang berakhir pada 31 Desember.

Status laporan keuangan biasanya terdiri dari 2 kondisi yaitu laporan keuangan yang telah di audit (audited) dan laporan keuangan yang belum di audit (unaudited).

Laporan keuangan perusahaan disusun dan dibuat sedemikian rupa oleh perusahaan sesuai dengan peraturan atau standar yang berlaku.

Hal yang terpenting dalam menyusun laporan keuangan adalah dengan menyajikan laporan yang mudah dibaca dan dimengerti oleh setiap pihak yang berkepentingan selain daripada pihak manajemen dan pemilik perusahaan, seperti pemerintah, kreditor, investor, supplier dll.

Laporan keuangan perusahaan merupakan salah satu tanggung jawab dan tugas manager keuangan perusahaan, dimana fungsi dari manager keuangan tersebut adalah merencanakan, mencari, memanfaatkan dana-dana perusahaan dan memaksimalkan nilai perusahaan.